Brass Brimingham

This is a sequel from Martin Wallace Master piece in 2007, Or I am gonna say the best.

Boardgame ini bercerita tentang pertarungan dagang sesama businessman di zaman revolusi industri di Brimmingham pada tahun 1770-1870.

Kesan pertama saat unboxing boardgame ini, I was pretty amazed of how BEAUTIFUL the design is. Nah ini preferensi, tapi buat aku, boardgame itu harus banyak pernak perniknya supaya permainannya cukup kompleks dan challenging, dan yang bisa kita enjoy sampai ke keindahan detail supaya bisa mengajak kita berimajinasi. Aku sendiri sebenarnya paling suka dengan bentuk barrelnya yang imut dan enak dipegang.

CUTE BARREL

You know guys, berbeda dengan dengan video game, main board game itu bisa kita ibaratkan seperti membaca buku di mana imajinasi dari si pemain itu menjadi yang utama. So, desain dan game playnya harus bisa menghidupkan vibe fantasinya sesuai tema. I must admit, untuk set up this game, makan waktu yang cukup lama karena banyak kartu resoruces & building yang harus ditempatkan berurutan di atas playboard. But imho, di situ justru menariknya. Ada banyak pernak pernik unik yang bisa kita perhatikan satu per satu maknanya.

Ada beberapa opsi yang harus dipilih 2 di setiap turnnya. Sehingga kecakapan memperhitungkan langkah, nyali dan konsep akan tertuang di pemilihan 4 opsi berikut :

1. player harus memiliki resources (iron/coal)

2. Player memilih building/pabrik yang akan dibangun

3. Player harus membangun jalan dari pabrik ke market

4. Player harus memilih strategi finansial (antara mengambil loan atau menggunakan modal yang sudah ada)

My Tips for beginner would be :

  1. Jangan takut menggunakan loan apalagi di awal permainan.
  2. Bangun jalan itu penting. Kebanyakan player pemula langsung buru-buru build atau fokus mengambil resources. Padahal, dengan bangun jalan yang menghubungkan ke market itu lebih murah dan cepat dapat score overall. Plus player lain akan lebih tertarik membangun factory di tempat yang sudah jadi road/infrastrukturnya. Dengan menguasai road sebenarnya kalianlah yang membuat wilayah tersebut memiliki demand yang tinggi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s